Command Dasar di Linux


Nah, sekarang materi pada postingan saya kali ini yaitu tentang command line di Linux. Tapi saya cuma bakal nge-bahas command-command dasarnya aja yah ! Dan saya rasa itu juga udah cukup buat bekel temen-temen semua buat melakukan banyak hal. Oke deh langsung aja yah. Akses terminal (Application → Accessories → Terminal). Jendela terminal temen-temen bakal ditampilin kayak gambar di bawah ini nih !

Di dalam terminal ini terdapat text bertuliskan bangblack@bangblack-K42F:~$. Apa nih artinya ?

Bangblack: Merupakan username yang temen-temen pake buat login ke Ubuntu. Jika username Anda budi misalnya, maka nama yang tertera di sana yah budi..

bangblack: Nama PC tempat temen-temen log-in. Nama PC yang temen-temen buat pas nginstall Ubuntu.

Lambang ~ menunjukkan direktori tempat kita berada. Lambang ~ merupakan simbol dari direktori /home/<user name ente>, jadi pada gambar di atas artinya sekarang direktori yang sedang aktif pada terminal adalah /home/bangblack (yaa karena username yang saya gunakan untuk login adalah bangblack).

Sekarang saya punya pertanyaan nih buat temen-temen. Kalo di terminal saya sekarang menunjukkan teks seperti gambar di bawah ini, berada di direktori manakah saya sekarang ?

Ente emang pinter, gan ! yup sekarang saya emang lagi di direktori /home/bangblack/Documents, karena lambing ~ sudah menyatakan direktori /home/bangblack

Satu lagi yaa… direktori manakah yang lagi aktif di terminal pada gambar di bawah ini ?

Direktori /home/bangblack/media ? kalo itu jawaban temen-temen, maap ente salah bro ! jawaban yang bener adalah saya lagi ada di direktori /media. Loh kenapa ? coba temen-temen perhatiin lagi apakah ada tanda ~ di sana ? gak ada kan ? maka dari itu direktori aktifnya langsung mengarah ke /media. Saya yakin temen-temen udah paham sekarang.

$: Ini artinya bukan duit loh…… lambing dollar ($) pada terminal menunjukkan bahwa kita sedang login menggunakan user dengan level autentifikasi biasa. Walopun username tersebut punya hak akses administrator tapi setiap kali temen-temen masuk ke terminal, temen-temen tetep login sebagai user biasa. Temen-temen harus masukin password buat make hak administrator dan ketika temen-temen udah masuk dan memiliki hak akses admin, maka lambang $ bakal berubah jadi #

mungkin segini dulu yah postingan dari saya. tunggu aja yah kelanjutan nya 😀

to be continued…

diposting oleh :Bang Black

Tinggalkan komentar