Blackipedia

Beranda » Unik & Aneh » Ajaib, Pria Ini Kebal Suhu Dingin

Ajaib, Pria Ini Kebal Suhu Dingin

Kategori

Blog Stats

  • 36,671 hits

Hanya bercelana pendek, ia berkelana di Kutub Utara, dan mendaki Mount Everest.
Wim Hof tak pernah membutuhkan jaket tebal atau mantel penghangat saat memasuki lingkungan bersalju. Pria 50 tahun asal Belanda ini tak bisa merasakan dingin, walau berada di lingkungan bersuhu beku ekstrim.

Seperti dikutip dari laman ABC News, Hof menjadi sorotan setelah menjajal kemampuannya berjalan sejauh 100 mil di Kutub Utara hanya mengenakan celana pendek, pada 1999.

Tiga tahun setelah itu, ia mencatatkan diri di Guinness World Record setelah berhasil melewati waktu terpanjang berenang di bawah balok es Kutub Utara sejauh 80 meter. Ini dua kali panjang kolam renang kelas olimpiade.

Hof tidak pernah mengalami serangan dingin atau hipotermia, layaknya manusia yang memasuki suhu dingin esktrim. Selain dua pengalaman ‘gila’ di atas, ia juga pernah mendaki Mount Everest hanya bercelana pendek. Aksi ini jelas membuat banyak orang ternganga di tengah banyaknya orang meninggal akibat tak tahan melawan suhu dingin di gunung es itu.

Dokter tak mampu mendiagnosis kondisi Hof. Normalnya, ketika seseorang terpapar suhu beku, tubuh akan memasuki fase ‘berjuang hidup’. Sirkulasi darah ke jemari, kaki, telinga, dan hidung biasanya terhenti demi mempertahankan aliran darah ke organ-organ inti.

Kondisi itu umumnya tak bisa dibiarkan terlalu lama. Jika suhu tubuh tak segera normal, seseorang jelas akan mengalami hipotermia. Dan ketika itu terjadi, bisa dipastikan ia akan meninggal dalam hitungan menit. Namun nyatanya, Hof mampu melewati semua kondisi kritis itu tanpa kendala.

Hof tak pernah mengalami gangguan kesehatan usai menjalani berbagai aksi ‘gila’ itu. Semua organ tubuhnya tetap berfungsi normal. “Semua ini masih menjadi misteri di dunia medis. Sejumlah sokter masih bekerja keras untuk menjelaskan diagnosisnya,” kata Dr Ken Kamler, yang memeriksa kesehatan Hof usai aksi bertahan hidup lebih satu jam di dalam timbunan es.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: