RSS

Tahun Depan Google Jualan Laptop

10 Des

google netbookSetelah sukses menggempur pasar smartphone dengan sistem operasi Android, Google berencana menggoyang pasar laptop. Pada Selasa waktu setempat (7/12), Google mengumumkan akan menjual laptop dengan sistem operasi Chrome mulai tahun depan.

“Bagi kami, ini adalah perjalanan panjang untuk membuat model sistem operasi dengan memanfaatkan cloud,” kata Sundar Pichai, Wakil Presiden Manajemen Produk Google dalam keterangan persnya.

Cloud adalah istilah teknis untuk menjelaskan penyimpanan data dan aneka aplikasi di internet, bukan di disk komputer. Pichai mengatakan, Acer dan Samsung akan memproduksi laptop dengan sistem operasi Chrome tahun depan.

Sementara, CEO Google Eric Schmidt mengatakan, komputer dengan memanfaatkan cloud akan makin banyak dipakai di masa depan. Selama ini pasar sistem operasi dikuasai Microsoft dengan sistem operasi Windows.

Google mencoba mengambil pendekatan yang berbeda dengan memanfaatkan cloud computing. Google berharap dengan menyimpan data dan aplikasi di internet, serangan peretas dan perangkat lunak jahat bisa diminimalisasi

Keunggulan lain adalah baterai yang lebih lama, proses booting yang jauh lebih cepat, dan kemampuan mengakses data desktop di mana saja di dunia dengan syarat ada koneksi internet.

Sistem operasi ini juga memungkinkan pengguna mengakses data dan menjalankan program web tanpa harus terhubungan dengan internet. Selain itu, satu komputer bisa dipakai beberapa orang, tanpa harus berbagi data-data penting. (republika)

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 10, 2010 in SainTekno

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: