Blackipedia

Beranda » Unik & Aneh » Unik, Tokek Berwarna Pink

Unik, Tokek Berwarna Pink

Kategori

Blog Stats

  • 36,670 hits

Tokek pinkTokek ternyata tak selalu terlihat dengan warna buram. Ada juga jenis tokek yang memiliki kulit warna warni. Salah satunya adalah tokek berwarna pink yang masuk dalam bangsa Leopard Gecko atau Tokek Pakistan.

Tokek tersebut adalah anggota spesies Eublepharis macularis morph (ras) Storm. Warnanya merah muda alias pink meski tampak tak secerah warna bunga. Tak seperti tokek biasa yang tampak menakutkan, tokek ini justru menggemaskan bagi sebagian orang.

“Tokek morph Storm ini harga jualnya bisa 3 juta per ekor untuk ukuran kecil karena sulit untuk menemukannya,” ungkap Radit Bontazar dari Pet Network, salah satu jasa penjualan reptil piaraan yang ikut berpameran dalam Indonesia Pets Plants and Aquatic Expo 3-12 Desember 2010 di Mangga Dua Mal, Jakarta.

Tokek morph Storm tersebut hidup di padang pasir. Tak seperti tokek biasa yang tampak menakutkan dan mengganggu dengan suaranya, tokek ini justru tampak menggemaskan dan tak memproduksi suara apapun. Kakinya juga tak lengket.

Radith mengungkapkan, tokek itu bisa dipelihara dengan mudah. “Cara peliharanya gampang. Tinggal ditaruh di akuarium yang diberi pasir zeolith. Kalau makanannya jangkrik, diberi setiap 2 hari sekali, kira-kira 5 ekor,” kata Radith.

Radith juga mengungkapkan, proses mengawinkan tokek tersebut juga relatif mudah. Biasanya, saat ingin kawin nafsu makan tokek berkurang. Saat itulah, tokek bisa didekatkan dengan lawan jenisnya sehingga akan kawin dengan sendirinya.

Tokek morph Storm ini hanyalah salah satu jenis tokek yang dipamerkan di Indonesia Pets Plants and Aquatic Expo 2010. Sejumlah tokek Pakistan dari berbagai macam morph juga dipamerkan dan diperjualbelikan. Harganya berkisar 200 ribu rupiah hingga 3 jutaan.

Radith mengatakan, “Tokek Pakistan ini sih diminati karena warnanya yang indah. Kayak ada motif-motifnya.” Menurut Radith, harga tokek akan semakin mahal jika warnanya bagus dan merupakan jenis yang sulit ditemukan.

Seperti mengawinkan anjing dari berbagai ras, pemelihara tokek juga bisa mengawinkan tokek morph satu dengan yang lain. Tujuannya, untuk mendapatkan keturunan yang paling unik dari segi warna kulitnya. “Makin unik morphnya, harga makin mahal,” kata Radith.

Beberapa morph yang dipamerkan antara lain Twilight yang memiliki warna hampir mirip seperti Storm dan Tangerine yang lebih colorful dan dijual seharga 1,25 juta. Tertarik untuk memelihara? Radith mengatakan, pemeliharaan tokek ini jauh lebih mudah daripada memelihara anjing. (kompas.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: