Blackipedia

Beranda » Sistem Operasi » Mau Instal Ubuntu, Pilih Single atau Dual Boot ?

Mau Instal Ubuntu, Pilih Single atau Dual Boot ?

Kategori

Blog Stats

  • 36,671 hits

Percaya tidak percaya, ternyata menginstal ubuntu itu lebih gampang dari mengupas kacang. Asiknya lagi anda bisa surfing internet, atau maen games saat ubuntu sedang diinstal, jadi gak ada ceritanya anda mati kebosanan saat sedang menginstal ubuntu karena kebanyakan bengong.

Sebelum kita mulai melakukan instalasi, terlebih dahulu anda harus memutuskan sistem instalasi apa yang akan anda gunakan ? Apakah single boot atau dual boot (multiple boot) ? Apa maksudnya tuh single boot dan dual boot ?

Single boot

single boot artinya hanya ada satu sistem operasi yang terinstal di komputer anda, tidak ada sistem operasi lain ! Jadi saat anda melakukan instalasi ubuntu, sistem komputer anda dalam keadaan free atau non-OS.

Dual boot (multiple boot)

Nah kalau dual boot berarti anda menggunakan dua sistem operasi atau lebih pada komputer (kalau lebih dari dua berarti namanya multiple boot). Jadi saat anda melakukan instalasi ubuntu, di dalam komputer anda saat itu sudah terdapat sistem operasi lain seperti Microsoft Windows, Mac OS-X, dan lain sebagainya.

Misalnya saja saat ini di dalam komputer anda sudah terinstal Microsoft Windows, dan anda ingin menginstal Ubuntu. Pilihannya ada dua, apakah ingin menggunakan single boot atau dual boot ?

Jika anda ingin menggunakan single boot, maka anda harus memformat partisi hardrive tempat OS (Operating System) anda terinstal. Ada satu hal yang perlu anda ingat jika hal ini anda lakukan maka anda juga menghapus OS dan data-data di dalam partisi tersebut.

Anda juga bisa menginstal OS Ubuntu ini tanpa harus melenyapkan atau menghapus sistem operasi yang sudah ada, jadi nantinya komputer anda akan memiliki 2 sistem operasi, yaitu Microsoft Windows dan ubuntu. Anda bisa memilih akan menggunakan OS yang mana saat anda booting nanti.

Karena kita masih dalam tahap untuk belajar ubuntu, sebaiknya anda menggunakan sistem yang kedua saja yaitu dual booting atau single booting yang diinstal ke dalam virtual machine seperti Vmware dan Virtual PC. Ketika anda sudah beradaptasi atau sudah mahir, anda bisa bermigrasi secara total ke ubuntu atau mungkin ke distro-distro lainnya jika anda mau, semuanya terserah anda.


1 Komentar

  1. Ozunu mengatakan:

    Hmm, kalo gitu saya milih dual booting aja deh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: