Blackipedia

Beranda » Sistem Operasi » Jenis-jenis Swap

Jenis-jenis Swap

Kategori

Blog Stats

  • 36,671 hits

Ada 3 jenis swap berdasarkan cara membuatnya, yaitu swap partisi, swap file, dan swap kombinasi partisi dan file. Swap partisi merupakan swap yang menggunakan sebuah partisi khusus untuk space swap-nya, partisi ini berformat swap. Pada swap file, kita tidak membutuhkan sebuah partisi khusus untuk space swap-nya. Lalu space swap-nya kita ambil dari mana dong ? Dari file yang ada pada partisi biasa. Pembuatan swap file dilakukan setelah proses instalasi Ubuntu selesai. Untuk teknik yang ketiga, merupakan gabungan antara swap file dan swap partisi.

Lalu sebaiknya teknuik swap mana yang harus kita gunakan ? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk Swap partisi, Anda bisa menggunakan partisi swap tersebut untuk instalasi-instalasi  Linux lainnya. Jadi misalnya Anda ingin menginstal distro Linux yang lain di komputer Anda, Anda tidak perlu membuat partisi swap lagi, cukup menggunakan partisi swap yang sudah ada. Swap partisi memiliki performance yang lebih baik ketimbang swap file khususnya pada kernel Linux versi 2.4 namun untuk kernel 2,6 performance swap file sudah meningkat dan bisa mengimbangi swap partisi.

Keunggulan swap file adalah lebih fleksibel dan mudah dalam mengatur kapasitas swap. Hal ini mungkin akan sangat berguan bagi Anda yang sering mengubah-ubah kapasitas swap secara rutin. Jadi pilihan ada pada Anda, terserah ingin menggunakan teknik swap yang mana. Jika anda tanya pendapat pribadi saya, saya lebih menyukai dan menyarankan untuk menggunakan swap partisi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: